Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Pengemudi Ketika di Traffic Light


ahmadirfan.id-Merah, kuning dan hijau, warna rambu lampu lalu lintas (traffic light) yang sering kita jumpai setiap persimpangan jalan. Traffic Light tersebut memiliki fungsi warna yakni merah untuk berhenti, kuning untuk berhati-hati/bersiap-siap dan hijau untuk tetap jalan.

Pelajaran mengenai rambu-rambu lalu lintas sudah dipelajari sejak dini. Sejak duduk dibangku Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini (TK/PAUD) biasanya sudah dipelajari termasuk warna fungsi traffic light, zebra cross, trotoar, dan rambu-rambu lainnya.

Dalam pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) juga setiap calon pengemudi harus memenuhi persyaratan untuk lulus memperoleh SIM yang diinginkan diantaranya terdapat ujian tertulis mengenai rambu-rambu lalu lintas yang harus dipahami serta pengecekan kondisi psikologi calon pengemudi sendiri agar nantinya tidak membayakan dirinya sendiri maupun orang lain.

Faktanya banyak pengemudi yang telah memperoleh SIM tidak mematuhi aturan berlalu lintas. Berikut kesalahan pengemudi ketika berada di Traffic Light :

1. Berhenti Melewati Garis Zebra Cross


Berdalih karena buru-buru pengemudi dari belakang yang gak sabaran pasti akan nyelonong kedepan dan berhenti melewati garis pembatas zebra cross karena gak ada lagi space untuk berhenti. Padahal fungsi zebra cross untuk pejalan kaki yang ingin menyeberangi jalan. Pelanggaran ini bisa menyebabkan kecelakaan karena posisi kendaraan yang terlalu kedepan.

2. Berhenti di Rambu Belok Kiri Jalan Terus

Pelanggaran ini terjadi karena posisi kendaraan berada dijalur kiri, rambu belok kiri jalan terus. Kemungkinan karena gak sabaran untuk mengantri dibelakang, pengen paling depan, berharap ketika jalan dari belakang Traffic Light berwarna hijau, ada sebagian juga yang kepergok Polisi Lalu Lintas karena takut melewati gatis Zebra Cross😂. Pelanggaran ini menyebabkan kemacetan, mengambil hak pengemudi lain dan bisa memicu keributan.

3. Menerobos Traffic Light

Kesalahan yang paling fatal adalah menerobos Traffic Light warna merah, kenapa ? karena kendaraan dari arah lain yang berwarna hijau pasti sedang jalan. Tetap saja pelanggaran ini mengambil hak pengemudi lainnya. Jangan dicoba-coba loh, bahaya banget.

Sumber : Pixabay
4. Melawan Arah

Yah, seperti kehabisan akal, ketika jalur jalur kiri jalan terus juga macet. Maka kesalahan lain yang terjadi di Traffic Light adalah melawan arah dengan cara melewati trotoar pembatas lalu berhenti didepan Zebra Cross.

Apapun yang menjadi alasan atas kesalahan diatas tetap keselamatan menjadi prioritas utama. Saling menghargai antar pengemudi dan pengguna jalan, dan patuhi rambu-rambu untuk menciptakan suasana kelancaran berlalu lintas. Terus kunjungi blog Aku untuk update informasi terbaru lainnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Bang Irfan
Bang Irfan Terima kasih atas kunjungannya, semoga postingan yang disharingkan bermanfaat buat kita semua. Aamiin

Posting Komentar untuk "Kesalahan Pengemudi Ketika di Traffic Light"